Jumat, 30 November 2012

Media Pembelajaran IPS (EKONOMI) Dengan Menggunakan Game 'Jika Anda Beruntung' untuk tingkat SMP kelas 2



BAB 1
 PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Tuntutan zaman yang semakin canggih jadi seorang harus lebih kreatif dalam proses pembelajaran, dengan demikian siswa akan merasakan sensasi yang berbeda dalam proses belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan seorang guru pada umumnya. Dalam proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran.. Di sini juga akan dibahas penggunaan media pembelajaran. Seperti yang kita ketahui media pembelajaran itu banyak macamnya. Untuk proses belajar mengajar yang baik kita harus menggunakan media pembelajaran yang tepat. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada uraian dalam makalah ini.
B.      INDENTIFIKASI MASALAH
1.       Apa yang di sebut media pembelajaran
2.       Kenapa memilih media ‘jika anda beruntung’
3.       Alat yang di gunakan
4.       Langkah-langkah penerapan di depan kelas
5.       Langkah-langkah pembuatan media tersebut
6.       Kelebihan
7.       Kekurangan

A.   PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengejar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan belajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran atau pelatihan.

B.    KENAPA MEMILIH MEDIA ‘JIKA ANDA BERUNTUNG’
Dalam media yang kami pilih ini terdapat suatu unsur mendidik selain itu juga media ‘jika anda beruntung’ ini selain memberikan ilmu juga dapat membuat hati senang karena selain belajar dalam media ini memberikan suguhan berupa permainan kepada peserta didik. Yang memberikan rasa have fun di setiap permainannya, karena di dalam media ini terdapat berupa hadiah bagi mereka bisa menjawab dengan benar, dan bagi mereka yang salah dalam menjawab pertanyaan maka mendapatkan hukuman.

C.      ALAT YANG DI GUNAKAN
1.       Kertas karton
2.       Gunting
3.       Silet
4.       Penggaris
5.       Spidol
6.       Origamie
7.       Warna
8.       stereofom

D.   LANGKAH PENERAPAN
Metode media pembelajaran  ’jika anda beruntung’ dalam penerapan di kelas siswa-siswi di bagi menjadi beberapa kelompok, kemudian siswa-siswi tersebut harus menguasai bahan ajar yang telah diterangkan oleh guru. Setelah itu setiap kelompok mendapatkan giliran dalam menjawab semua pertanyan yang telah di siapkan. Di setiap pertanyaan telah ada jawaban di kertas karton yang telah tertutup rapat. Jika siswi atau siswa yang dengan benar menjawab setiap pertanyaan maka mereka akan mendapatkan hadiah selain nilai, hadiah yang telah di siapkan oleh gruru nya. Dan bagi siswa atau siswi nya yang menjawab pertanyaannya salah maka mereka mendapat berupa hukuman yang akan di serahkan oleh siswa atau siswi yang menang.

E.    LANGKAH PEMBUATAN
1.       Untuk jawaban : Ambil kertas karton gunting atau silet di bagian tepi nya kemudian di dagian dalamnya tulis dengan spidol untuk jawaban tapi sebelumnya bikin kotak untuk di setiap huru, lalu hiasi dengan warna agar telihat menarik.
2.       Untuk soal : Ambil kertas oriegami kemudian bentuk sesuai keinginan, tulis isi soal di bagian yang putih.
3.       Setelah soal selesai di buat, masukkan kedalam stereofom agar menjadi lebih menarik.

F.    KELEBIHAN
Media ‘jika anda beruntung’ ini memberikan rasa kebersamaan di setiap permainan nya, rasa have fun dalam menjawab pertanyaan atau mendapat hukuman-hukuman. Karena di dalam metode ini tidak terlau di tuntut untuk belajar yang monoton seperti biasanya.

G.   KEKURANGAN
Media ‘jika anda beruntung memiliki berupa kekurangan yaitu kelas nantinya akan menjadi ribut yang akan mengakibatkan kelas lain akan terganggu. Susana di dalam kelas akan menjadi gaduh dan kurang kondusif. 




 By: HABI SYAFITRI (116811820)
3B FKIP EKONOMI AKUNTANSI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar