Jumat, 30 November 2012

MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS


Pelajaran Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang dapat menggunakan berbagai macam jenis media pembelajaran.Disini saya akan menerapkan media visual melalui artikel dalam surat kabar yang menggunakan Bahasa Inggris.Media pembelajaran ini saya gunakan untuk memotivasi siswa agar tidak jenuh belajar Bahasa Inggris terutama pada aspek Reading. Media pembelajaran yang seperti ini akan sangat membantu siswa untuk menambah kosa kata dalam Bahasa Inggris. Melalui artikel dalam surat kabar yang dicari siswa, saya akan mengarahkan para siswa untuk menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia dengan tujuan agar mereka dapat mengetahui lebih banyak lagi kosa kata yang akan digunakan untuk berbahasa inggris.
Adapun kelebihan-kelebihan dari media pembelajaran ini yaitu menuntut semua peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran pada aspek reading,memotivasi peserta didik untuk belajar,peserta didik dapat mengerjakan tugas yang diberikan sesuai kemampuanny masing-masing, memperbanyak vocabulary peserta didik dalam pelajaran Bahasa Inggris agar dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik lambat laun bisa berbicara menggunakan Bahasa Inggris, interaksi peserta didik dengan lingkungannya akan lebih baik.
Adapun kelemahan dari media pembelajaran ini adalah terlalu menekankan penguasaan materi pada aspek readingnya saja daripada pengembangannya dalam proses pembelajaran,memandang media pembelajaran visual ini sebagai alat bantu guru dalam proses pembelajaran padahal seharusnya media yang digunakan seharusnya berorientasi pada guru tersebut.
Pembuatan media pembelajaran ini tidaklah sulit, guru menyiapkan surat kabar berisi artikel yang menggunakan Bahasa Inggris dan peserta didik membawa kamus Bahasa Inggris-Indonesia untuk memprmudah peserta didik menerjemahkan artikel tersebut. Dan peserta didik juga akan mengetahui setiap vocabulary yang ada dalam artikel tersebut.
Langkah penerapan dikelas sebagai berikut  saya selaku pendidik akan membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok lalu setiap kelompok diberikan sebuah surat kabar untuk mencari artikel dalam surat kabar yang menggunakan Bahasa Inggris. Setelah itu,saya sebagai pendidik akan mengarahkan peserta didik untuk menerjemahkan artikel yang ada ke Bahasa Indonesia dan menuliskannya di double folio kemudian dikumpulkan.


                                                                                 By : HABI SYAFITRI ( 116811820 )
                    IIIFKIP EKONOMI AKUNTANSI
           
GOOD LUCK...
 SEMOGA SUKSES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar