Jumat, 30 November 2012

Media Pembelajaran IPS (Geografi ) dengan menggunakan “ Games Puzzle disertai Keyword ( Kata Kunci ) dengan Pola Duduk Siswa Yang Menarik “ Untuk Anak SMP Kelas 1


1. Gambaran Yang di Buat Untuk Media Puzzle

Media Puzzle Geografi adalah penggunaan gambar sebagai alat untuk membantu menjelaskan materi benua dan samudra. Dengan Gambar tersebut siswa akan mengamati sejumlah gambar ukuran kecil yang selanjutnya memberikan kesempatan pada siswa mengamati dan memahami materi dengan benar. Dengan penggunaan Media Puzzle Geografi ini, siswa akan lebih berminat terhadap pembelajaran geografi sehingga akan berdampak meningkatnya hasil belajar geografi siswa.

2. Kelebihan Media Puzzle Geografi

Manfaat siswa untuk berfikir secara nyaman melalui permainan untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan materi pelajaran yang masih dipelajari. Proses belajar memecahkan masalah diperlukan suatu pengamatan secara cermat dan lengkap. Kemudian untuk menjadikan permasalahan dapat membuat siswa tertantang menyelesaikannya memerlukan beberapa prinsip yang harus diperhatikan. Bagaimana seseorang itu dapat memecahkan masalah.
  1. Gambar bersifat konkret, karena melalui gambar siswa dapat melihat dengan jelas sesuatu.
  2. Gambar dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, tidak semua objek, benda dapat di bawa ke dalam kelas.
  3. Gambar dapat menarik minat atau perhatian siswa.

3. Kekurangan Media Puzzle Geografi
    1. Media puzzle lebih menekankan pada indera penglihatan (visual)
    2. Gambar yang terlalu kompleks kurang efektif untuk pembelajaran
    3. Gambar kurang maksimal bila diterapkan dalam kelompok besar.


4. Pembuatan Media Puzzle Geografi
Adapun langkah dalam pembuatan media puzzle geografi adalah gambar yang sudah diperoleh di sesuaikan dengan materi yang akan disampaikan guru agar sebuah ilustrasi gambar puzzle geografi dapat menunjukkan materi pelajaran. Ada dua cara yang dapat ditempuh dalam pembuatannya. Pertama guru langsung mengambil gambar dari peta atlas yang kemudian di di foto kopi dan digunting langsung dan ditempelkan pada papan kertas dan dipotong – potong secara acak sesuai dengan kebutuhan guru. Cara ke dua guru mengambil dari internet dan menggabungkan cara yang pertama, gambar benua yang diperoleh dari peta atlas dan internet di scan kemudian diedit melalui adobe photoshop dapat dijadikan sebagai sumber ide dalam menuangkan ilustrasi gambar. Selanjutnya gambar tersebut diambil dengan cara digunting, dan ditempelkan pada papan yang telah dipotong sesuai dengan ukuran gambar.
   

5. Cara Penerapan di Kelas Media Puzzle Geografi

Mencoba memberikan beberapa pengertian tentang metode yang sedang digunakan agar metode ini ditanggapi baik oleh para siswa. Bagi siswa yang memenangkan permainan ini akan mendapat nilai lebih dan akan diberikan beberapa hadiah sehingga para murid akan bersemangat mengikuti metode pembelajaran ini dan setiap murid dibagikan beberapa kelompok yang 1 kelompok 4 orang.



                                                                                  By : HABI SYAFITRI ( 116811820 )

                    III B  FKIP EKONOMI AKUNTANSI
           
GOOD LUCK...
 SEMOGA SUKSES



Tidak ada komentar:

Posting Komentar